Sabtu, 07 Oktober 2017

3 Cara memilih jurusan kuliah yang tepat

cara memilih jurusan yang tepat

Buat yang sebentar lagi lulus SMA, mungkin sudah mulai berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Kalau ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, tentu kamu harus bisa menentukan jurusan mana yang ingin kamu pilih. Karena hal ini menentukan untuk masa depan kamu nantinya.

Namun mungkin di antara kamu juga ada yang masih ragu mau memilih jurusan apa. Kamu masih belum bisa menentukan walaupun sudah berpikir berulang kali.

Berikut ini adalah cara-cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat kamu yang mau kuliah:

1. Ikuti kata hatimu


Hal yang paling penting dalam memilih jurusan kuliah yang tepat adalah dengan mengikuti kata hatimu. Coba tanyakan pada dirimu sendiri ingin menjadi apa kelak. Misalnya kamu ingin menjadi programer, tentu kamu bisa memilih jurusan Informatika, atau jika kamu ingin menjadi dokter, tentu pilihlah jurusan kedokteran.

Setiap orang pasti punya cita-cita atau impian. Kejarlah cita-cita itu. Memilih jurusan kuliah yang tepat untuk mencapai impian kamu adalah salah satu cara untuk menjadi orang sukses. Karena nanti kamu tidak akan menjalani perkuliahan secara terpaksa, tapi benar-benar menjalaninya dari hati karena itu adalah keinginan kamu yang paling dalam.

Kadang jurusan yang kamu inginkan mungkin bukanlah jurusan yang lulusannya banyak diserap di lapangan pekerjaan. Misalnya karena kamu suka dengan sastra, kamu memilih jurusan sastra. Yang menurut penilaian banyak orang serapannya di dunia kerja tidak sebanyak jurusan lain seperti teknik sipil, informatika, atau keuangan, atau pun jurusan lainnya.

Dan karena itu mungkin juga orang tuamu tidak mendukungmu. Sedangkan kamu benar-benar menginginkannya, namun dengan dibalut rasa keraguan dengan fakta tersebut.

Yang kamu harus pikirkan adalah sebenarnya, lulusan dari jurusan kuliah apa pun memiliki kesempatan yang sama untuk sukses nantinya. Karena kesuksesan bukanlah ditentukan oleh jurusan kuliah yang kamu pilih, tapi oleh tekad kamu untuk meraihnya.

Jika orang tua kamu tidak sependapat, berilah pengertian pada mereka dan kamu harus sungguh-sungguh menjalaninya. Buktikanlah dengan jurusan kuliah yang kamu pilih sesuai dengan kata hatimu, kamu bisa meraih kesuksesan dan pada akhirnya bisa membuat mereka bahagia.

2. Pilih jurusan kuliah yang banyak diserap di lapangan kerja


Untuk memilih jurusan kuliah memang tergantung tujuannya. Kalau kamu ingin sukses sesuai bidang yang kamu cintai, maka pilihlah cara di nomer 1.

Namun kalau kamu ingin kuliah karena untuk mencari pekerjaan setelah lulus nanti, tentu pilih jurusan kuliah yang lulusannya banyak diserap di lapangan pekerjaan.

Beberapa jurusan yang lulusannya banyak diserap di lapangan pekerjaan antara lain: Jurusan Pendidikan, hukum, akuntansi, teknik sipil, teknik informatika, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, memang tidak selalu seseorang yang memilih  jurusan kuliah tertentu nantinya akan bekerja sesuai dengan jurusan kuliah tersebut. Bisa jadi antara jurusan kuliah dan pekerjaan berbeda. Tapi kemunkginan besar biasanya memang berhubungan.

3. Pilih jurusan kuliah sesuai dengan nilai dan kemampuan


Kalu kamu ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri, tentu kamu harus memilih jurusan yang memungkinkan kamu untuk diterima di perguruan tinggi negeri tersebut.

Perhatikan jurusan-jurusan kuliah yang mengharuskan kamu punya nilai dan kemampuan tinggi untuk diterima di jurusan tersebut. Sesuaikan dengan kemampuanmu, mana jurusan kuliah yang kira-kira sesuai dengan nilai dan kemampuan kamu.

Ada beberapa jurusan kuliah di universitas terntentu yang membutuhkan nilai tinggi, seperti jurusan akuntansi, kedokteran, teknik elektro, dan farmasi. Jika kamu ingin diterima di universitas negeri dengan memilih jurusan kuliah tersebut tentu kamu harus memiliki nilai yang bagus saat seleksi ujian masuk. 

Jadi, jika ingin diterima di perguruan tinggi negeri, kamu harus mencari daftar passing grade jurusan kuliah di beberapa universitas negeri tersebut. Jika kamu sudah mengikuti try out, kamu bisa lihat berapa nilai kamu yang cocok dan memungkinkan untuk diterima di jurusan tertentu di universitas negeri yang kamu inginkan.

Itulah beberapa cara untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Sesuaikan ketiga cara tersebut dengan niat kamu yang paling kuat.

Kamu bisa memilih cara nomer satu jika kamu ingin kuliah di jurusan yang sesuai dengan kata hatimu dan cita-citamu.

Tentukan dengan cara nomer dua jika kamu ingin memilih jurusan yang lapangan pekerjaannya luas.

Dan pilih dengan cara nomer tiga jika kamu ingin kuliah dan diterima di perguruan tinggi negeri.

Yang perlu diingat, jurusan yang kamu pilih hanyalah ibarat sebuah jembatan, bukan penentu utama sebuah kesuksesan. Kerja keras dan semangat yang tinggi untuk meraih sukseslah yang bisa mewujudkannya. Karena yang tidak kuliah pun punya cara untuk meraih suksesanya dengan bekerja keras.


Silakan share artikel ini, mungkin banyak juga sobat Bangun Inspirasi lainnya yang sebentar lagi mau kuliah dan sedang bingung bagaimana caranya memilih jurusan kuliah yang tepat. Semoga kamu dan mereka bisa mendapat pencerahan.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon