Sabtu, 07 Oktober 2017

7 Cara mendapatkan beasiswa, untuk pelajar dan mahasiswa

cara mendapatkan beasiswa

Semua pelajar dan mahasiswa tentu ingin mendapatkan beasiswa. Beasiswa bentuknya  bermacam-macam, bisa berupa uang, biaya sekolah atau kuliah, atau juga fasilitas penunjang lainnya. Ada juga yang memberikan beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Beasiswa biasanya diberikan oleh pihak kampus tempat kamu kuliah, pemerintah, atau ada juga dari perusahaan.

Dari banyaknya pelajar dan mahasiswa, biasanya hanya sedikit yang benar-benar berjuang mendapatkan beasiswa. Namun tentu ada juga yang berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan beasiswa. 

Motivasinya ada yang ingin meringankan beban orang tua, ada yang ingin meneruskan kuliah di luar negeri, dan lain sebagainya.

Mungkin ada juga di antara kamu yang ingin mendapatkan beasiswa tapi tidak tau bagaimana caranya.

Jika kamu mengalami hal itu, berikut beberapa cara mendapatkan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa:

1. Disiplin dan serius dalam belajar


Tidak setiap pelajar atau mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa. Jadi, kamu harus disiplin dalam belajar. Selalu masuk sekolah atau kuliah dan datang sebelum jam belajar dimulai.

Jika tidak disiplin, misalnya sering bolos sekolah, tentu sulit rasanya pihak sekolah atau kampus akan memfasilitasi kamu untuk mendapatkan beasiswa.


2. Bersikap baik

gambar via alakorsel.blogspot.com
Selain itu, kamu juga harus bisa bersikap baik selama menjadi pelajar atau mahasiswa di sekolah atau kampus.

Jika ada pelajar atau mahasiswa yang tidak baik, atau kurang ajar, mungkin akan sulit mendapatkan beasiswa. 

3. Raih prestasi akademik


Kalau kamu bisa meraih prestasi akademik, itu menjadi modal berharga agar bisa mendapatkan beasiswa. Karena biasanya, salah satu syarat untuk memperoleh beasiswa adalah pelajar atau mahasiswa yang memiliki nilai baik atau berprestasi. Jika mahasiswa biasanya ditentukan dengan nilai minimum IPK yang bisa mengajukan untuk mendapatkan beasiswa.

4. Miliki prestasi non-akademik


Selain prestasi akademik, prestasi non-akademik pun biasanya bisa mendapat prioritas untuk diberikan beasiswa. Contohnya seorang mahasiswa yang juga menjadi atlet dan berprestasi. Karena telah mengharumkan nama kampusnya, daerahnya, atau bahkan negara, tentu dari pihak kampus atau pemerintah bisa saja memberikan beasiswa.

Jika kamu bukan atlet yang mengharumkan nama daerah atau bangsa, kamu bisa juga ikut  lomba yang bisa membawa nama baik sekolah atau kampus kamu. Misalmya lomba robot, lomba ilmiah, atau lomba lainnya. Jika kamu bisa berprestasi dan mengharumkan nama sekolah atau kampus, kamu mungkin saja diberikan beasiswa.

5. Rajin mencari info beasiswa di sekolah atau kampus

Gambar via konsultanpendidikan.com
Poin pertama sampai keempat adalah apa yang harus kamu miliki untuk mendapatkan beasiswa. Jika kamu sudah memenuhi kriteria yang cukup untuk mendapatkan beasiswa, kamu bisa mencari info tentang ada atau tidaknya beasiswa tersebut di sekolah atau kampus tempat kamu belajar.

Biasanya, info tentang beasiswa ditempel di majalah dinding atua mading, kamu bisa baca jika ada info tersebut. Jika tidak ada mungkin kamu juga bisa tanyakan pada pihak sekolah atau kampus.


6. Rajin mencari info beasiswa di website


Selain mencari info beasiswa di sekolah atau kampus, kamu bisa juga mencari di internet mengenai informasi tentang beasiswa. Biasanya di website kampus pun dicantumkan informasinya jika ada beasiswa.

Selain itu, info beasiswa dari perusahaan dan pemerintah pun biasanya dicantumkan di website-website tertentu.


7. Ajukan permohonan menjadi penerima beasiswa


Kalau kamu sudah menemukan beasiswa yang kamu cari, lihatlah persyaratan pengajuannya. Kalau kamu sudah bisa memenuhi persyaratannya, ajukanlah beasiswa tersebut pada pihak yang bersangkutan. Siapa tau kamu yang terpilih untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Silakan sebarkan info ini, agar para pelajar dan mahasiswa terpacu untuk terus belajar dengan rajin. Mungkin saja mereka juga layak mendapatkan beasiswa.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon