Rabu, 20 Juni 2018

3 Manfaat dari Masalah yang Kita Alami


Kita seringkali mengeluh dan berpikir negatif ketika ada masalah. Tapi sebenarnya masalah itu banyak banget manfaatnya. Berikut beberapa manfaat masalah:

MASALAH MEMBUAT KITA LEBIH TAU

Jika pada suatu perjalanan tiba-tiba menyasar ke jalan yang salah, sisi positifnya adalah Anda tau jalan yang baru. Jika Anda menemukan soal yang belum pernah dipelajari saat Anda ujian, maka Anda tau hal yang belum Anda tau sebelumnya. Atau ketika kita belajar naik sepeda, mungkin diawal-awal sering terjatuh. Tapi setiap kali terjatuh kita menjadi lebih tau bagaimana agar tidak terjatuh.

Artinya masalah yang datang sebenarnya membuat kita tau tentang hal yang sebelumnya belum kita tau.

MASALAH MEMBUAT KITA LEBIH KUAT

Seorang penjaga gawang tidak akan teruji apabila tidak ada serangan dari lawan. Semakin banyak serangan lawan, penjaga gawang akan selalu berusaha semakin kuat dalam menjaga gawangnya. 

Ada seorang anak yang melihat kepompong. Ia melihat ada calon kupu-kupu yang berusaha keras untuk keluar dari kepompongnya. Kemudian si anak itu mengambil gunting dan menggunting kepompong itu untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya. Anak itu senang sekali karena si kupu-kupu bisa keluar dari kepompongnya dengan bantuannya.

Anak itu memelihata kupu-kupu itu. Namun ada sesuatu yang aneh. Setelah beberapa hari kupu-kupu itu belum bisa terbang. Dan di hari-hari berikutnya pun kupu-kupu itu memang tidak bisa terbang.

Rupanya, saat kupu-kupu sedang berusaha keras untuk keluar dari kepongnya dengan sayap-sayapnya, justru itulah yang membuat otot-otot sayap si kupu-kupu semakin kuat dan setelah keluar bisa terbang. Tapi ketika si anak tadi membantunya untuk keluar. Artinya si kupu-kupu itu tidak melatih otot-otot sayapnya. Akibatnya kupu-kupu itu tidak bisa terbang.

Banyak pengusaha yang kaya raya dari hasil usahanya. Banyak di antara meraka berawal dari kehidupan nyang miskin. Mereka berusaha keras, berjuang, walau melewati berkali-kali kegagalan tapi mereka terus berusaha mencapai kesuksesan. Justru saat mereka didera kegagalan demi kegagalan, di saat itulah mereka sedang dikuatkan mentalnya.

Seorang wanita yang bernama Evelyn Adams adalah seorang wanita yang paling beruntung. Karena pada tahun 1985 dan tahun 1986 ia mendapatkan lotere sebesar USD 5,4 juta atau lebih dari 54 milyar rupiah. Namun uang hasil kemenangannya itu habis sama sekali, dan sebagian besar uang itu habis di mesin jackpot, atau judi. Akhirnya wanita itu harus menjadi gelandangan.

Si pengusaha yang telah melewati kegagalan dan Evelyn Adams sama-sama menghasilkan kekayaan. Namun si pengusaha sukses telah melewati berbagai kegagalan dan ia memiliki pondasi yang kuat dalam hidupnya. Lain halnya dengan Evelyn Adams yang tiba-tiba kaya dalam sekejab, ia rupanya tidak siap dan tidak memiliki pondasi yang kuat. Akhirnya ia tergoda untuk judi dan menghabiskan semua uangnya.

Masalah memang membuat kita harus berjuang lebih keras. Tapi justru maslah itulah yang membuat diri kita lebih kuat dari sebelumnya ketika kita bisa melaluinya.

MASALAH MEMBUAT KITA LEBIH DEWASA

Ketika kita telah berasil melewati sebuah masalah. Kita akan semakin dewasa dalam mengarungi hidup ini. Kita akan selalu memperbaiki sikap dan menghadapi masalah lebih dewasa.

Masalah itu ibarat batu yang ada di tengah perjalanan kita. Namun batu itu bisa jadi batu sandungan, atau bisa juga jadi batu loncatan. Tergantung cara kita menyikapinya. Maka jadikanlah masalah sebagai teman kita untuk membuat kita semakin lebih baik lagi. Tapi bukan berarti kita harus cari-cari masalah loh ya 

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon