Rabu, 20 Juni 2018

Rumus Agar Kondisi Tetap Positif Walau Banyak Masalah


Masalah itu ibarat batu yang ada di tengah perjalanan kita. Namun batu itu bisa jadi batu sandungan, atau bisa juga jadi batu loncatan. Tergantung cara kita menyikapinya. Maka jadikanlah masalah sebagai teman kita untuk membuat kita semakin lebih baik lagi. Tapi bukan berarti kita harus cari-cari masalah loh ya 

Bicara soal berpikir positif. Saya punya rumus nih

K = M + R

K =  Kondisi             M = Masalah           R = Respon

Jika Masalah adalah sesuatu yang negatif, maka kondisi bisa negatif, tapi bisa juga positif. Tergantung dari respon kita apakah negatif ataukah positif.

Misalkan masalah nilainya -5, Dan respon kita terhadap masalah itu -5, maka Kondisinya adalah -10. Namun jika masalahnya -5, tapi respon kita +10, maka Kondisi +5.

Artinya setiap manusia boleh jadi mendapatkan masalah yang sama besar. Tapi kondisi yang diterima setiap orang berbeda, tergantung respon setiap orang terhadap masalah itu.

Sebagai contoh misalkan cerita tentang Wanita yang bunuh diri gara-gara potongan rambutnya salah. Mungkin masalahnya hanya -1, tapi respon dia -100. Berarti kondisinya -101. Minus dan akhirnya ia bunuh diri.

Lain halnya dengan cerita tentang seorang pengusaha properti yang punya hutang sangat banyak sekali, namun bisa mengubah hutang itu menjadi kekayaan. Mungkin masalahnya -1000. Tapi respon dia +2000. Maka Kondisinya adalah +1000.

Jadi seberapa besar masalah yang kita dapat, selama respon kita positif dan lebih besar dari masalah itu, maka kondisi yang kita terima akan positif. Namun sebaliknya, walaupun masalah kita kecil, jika respon kita negatif, maka akan menimbulkan kondisi yang negatif.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon